Daftar Harga Oli Motor Termurah dan Terlengkap 2019

Memiliki kendaraan bermotor, tak sekedar hanya dipakai saja tapi juga harus diperhatikan perawatannya. Dicuci setiap kali terlihat kotor, diisi bahan bakar sebelum indikator mencapai batas minimal, membawanya ke tempat service secara berkala, dan jangan lupa untuk mengganti olinya. Harga oli motor bervariasi, tergantung bahan dasar dan kegunaannya.

Oli motor tidak hanya ada satu jenis saja. Sebaiknya, mulai sekarang kenalilah berbagai macam jenis oli supaya Anda tidak buta terhadap kebutuhan pelumas mesin pada motor Anda. Penjelasan singkat di bawah ini akan membantu Anda untuk memahaminya.

Jenis Oli Motor

Jenis oli motor masih dibagi menjadi dua klasifikasi. Kategori pertama adalah jenis oli berdasarkan bahan dasar pembuatannya.  Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Oli Sintetik

Oli Sintetik

Oli sintetik dibuat dari minyak bumi yang sudah diolah kembali. Jenis ini ramai dipakai untuk motor – motor keluaran lama, seperti Honda 70-an, Astrea, Vespa, Supra keluaran pertama, dan kendaraan lain satu angkatan dengan motor – motor tersebut. Hal ini disebabkan, mein – mesin pada motor lama celah atau clearance-nya lebih renggang. Untuk itu, oli yang mengandung visikositas stabil-lah yang paling dibutuhkan.

2. Oli Semi Sintetik

Oli Semi Sintetik

Dalam pembuatannya, oli ini dibuat dari bahan – bahan campuran. Bisa berasal dari bahan sintetik yang telah dipadukan dengan mineral minyak bumi. Bisa dikatakan bahwa oli ini merupakan tengah – tengah dari oli sintetik dan oli mineral.

Berlawanan dengan oli sintetik, jenis ini paling bagus dipakai untuk motor – motor keluaran terbaru. Motor baru dirancang dengan teknologi yang lebih canggih dan dengan performa yang lebih baik. Selain itu, jenis oli semi sintetik ini juga yang sering dipakai untuk segala macam jenis motor balapan sebab motor seperti ini multi silinder, memiliki komprei tinggi , dan mutli klep.

3. Oli Mineral

Oli Mineral

Bahan dasar pembuatannya adalah mineral atau minyak bumi. Oli ini tidak seperti oli sintetik yang mudah menguap. Kekentalannya juga mudah sekali berubah. Hal tersebut dikarenakan oli mineral tidak tahan pada suhu yang tinggi dan dalam kondisi yang ekstrim. Hal ini juga yang menyebabkan harga oli motor mineral cenderung lebih murah.

Pengklasifikasian oli motor yang selanjutnya adalah jenis – jenis oli motor berdasarkan pada fungsinya. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Oli Samping

Oli Samping

Disebut juga dengan oli gardan. Biasanya banyak dipakai untuk motor – motor automatic. Jika tidak diganti secara berkala bisa berakibat kerusakan. Penggantian oli samping secara teratur juga bisa mengurangi suara berisik yang bersumber dari Box CVT. Suhu tinggi pada mesin akibat gesekan juga terminimalisir. Untuk penggunaan normal motor, oli ini bisa diganti setiap 15.000 kilometer sekali.

2. Oli Rem

Oli Rem

Orang – orang menyebutnya juga sebagai minyak rem atau bahasa kerennya adalah brake fluid. Oli ini akan membantu sebagai media untuk menjadi perantara dalam mentransmisikan tenaga hidrolik ke bagian seluruh sistem. Karena kegunaannya yang vital dan berperan penting untuk membuat kendaraan berhenti melaju maka harus benar – benar selalu dicek. Apalagi karena brake fluid ini berhubungan dengan kampas rem.

3. Oli Mesin

Oli Mesin

Oli ini digunakan untuk operasi ruang mesin kendaraan bermotor. Sesaat ketika motor Anda nyalakan maka oli ini akan langsung bekerja bersirkulasi ke seluruh bagian mesin kendaraan. Pada penggunaan normal motor, oli mesin wajib diganti ketika jarak tempuhnya sudah mencapai 5000 kilometer. Jika melebihi dari batas tersebut, maka mesin motor pun bisa rusak dan menimbulkan asap.

Harga Oli Motor

No

Merk Oli Harga Oli

1

AHM Oil MPX-2 SAE 10W-30 API SJ 1 liter Rp 46.000,-

2

AHM Oil SPX-1 SAE 10W-30 API SJ 1 liter Rp 52.500,-

3

Castrol GTX SAE 15W-50 API SM 1 liter

Rp 41.000,-

4 Castrol Magnatec SAE 10W-40 API SM 1 liter

Rp 70.000,-

5 Evalube 4t Pro Syntetic 0.8 liter

Rp 22.000,-

6

Federal Matic 30 Rp 33.000,-

7

Federal Supreme XX 30 Rp 39.000,-
8 Motul Scooter Expert LE

Rp 82.000,-

9 Enduro 4T racing 1 liter

Rp 40.500,-

10 Fastron 20W-50 1 liter

Rp 44.000,-

Zainab Sausan

Nih Baca Juga

Kasih Komentar Gan

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of